Jumat, 14 Februari 2014

5 Cara SEO On Page Super Sakti untuk Artikel Anda, Super!!

Di post kali ini, saya akan share pada anda mengenai cara seo on page yang super sakti.

Okay, jadi kita gak usah lama-lama yah. Walau informasi ini terkesan sederhana dan tidak terlalu mendetail, tapi percayalah. Informasi ini tidak secemen itu, melainkan ini super SAKTI, dan dapat menunjang poin seo anda dan bisa menaikkan posisi halaman anda di google.

melakukan seo on page sakti
anda akan pelajari on page seo simpel nan sakti disini...

Eits! Jangan lupa juga baca pengertiannya di Artikel Lengkap Pembahasan Apa itu SEO.

Jadi berikut...

5 Teknik On Page SEO Super Sakti


Okay, jadi berikut adalah 5 cara seo on page untuk meningkatkan posisi serp artikel anda.

#1 Kumpulkan keyword utama beserta turunannya

seo on page trickTeknik on page seo yang satu ini jarang diperhatikan. Jadi jika anda lakukan ini, maka poin on page seo blog anda akan melonjak.


Yaitu mencari keyword. Keyword yang anda kumpulkan juga, haruslah keyword-keyword yang berkualitas. Hal ini dimaksudkan agar anda lebih mudah membuat artikel dan mendapatkan traffic.

Bagaimana kriterianya? Berikut :

- tingkat kesulitan mudah
- memiliki traffic (pengunjung)
- buying keyword / keyword yang menjual (untuk anda yang jualan di internet)

Bagaimana cara mencarinya? Pertama tentukan dulu keyword apa yang ingin anda target. Misalnya keyword mengenai "jual bibit ikan". Anda bisa ketikkan keyword itu di google search seperti gambar ini :

on page seo keyword

Setelah itu pilih satu keyword yang anda benar-benar kuasai, lalu riset kompetitornya dengan melihat 10 website yang ada di halaman google, apakah keyword yang anda target ada di title, decscription, atau urlnya. Jika ada banyak yang tidak lengkap, maka anda beruntung, keywordnya lemah. Tapi jika tidak, maka bisa target yang lain.

Setelah anda dapatkan keywordnya, anda buat variasi dari keyword tersebut. Misalnya keyword saya adalah "jual bibit ikan sidat", maka saya akan buat variasinya menjadi :

- "jual bibit ikan sidat terbaik"
- "jual bibit ikan sidat murah"
- "kriteria bibit ikan sidat yang baik"
- dan "memelihara bibit ikan sidat"

Jadi, keyword pertama menjadi leyword utama dan sisanya adalah keyword turunan. Jadi itu adalah on page seo pertama. Dan sebenarnya tutorial ini masih sangat simpel, saya punya yang simpel lagi tapi jauh lebih keren di artikel selanjuntnya mengenai keyword research.

#2 Masukkan keyword utama anda di title, decscription, dan url, atau boleh di variasikan dengan keyword turunan.

Gampangnya, anda buat artikel dan masukkan keywordnya di title, decscription, dan url seperti gambar ini :

cara seo on page sakti

Kenapa harus memasukkannya? Hal ini berguna untuk menambahkan relevasi pada artikel anda. Tapi jangan kebanyakan menaruh keyword, cukup satu saja di setiap bagian dan pastikan itu dilakukan se-alami mungkin.

cara on page seo yang sakti
SEO itu soal relevansi, dengan doa dan relevansi kita bisa ranking tinggi. Salah satu caranya adalah dengan lakukan on page seo.


Dan ada satu rahasia : Pastikan title dan decscription anda menarik dan bukan hanya cantuman keyword saja. Kenapa? Karena hal itulah yang menarik orang untuk datang ke situs anda, jadi kemungkinan artikel anda di klik semakin tinggi (jika ada di halaman 1 google).

Okay, Tips SEO On Page Selanjutnya...


Sebelum lanjut, saya mau ingatkan dulu :

teori terus menerus percuma jika tidak action (mencoba). Jadi, setelah dapat teori ini anda harus coba dan coba. Jika tidak berhasil coba berpikir, lakukan trial and error agar pengalaman anda bertambah. Hingga akhirnya kita bisa jadi pakar seo dengan menemukan teknik sendiri. :)

Lanjut!

#3 Buat artikel minimal 600 kata + cantumkan keyword di bagian awal, tengah, dan akhir.

Yang sering dilupakan adalah buat artikel yang natural, yang pantas ada di halaman 1 (super bermanfaat dan keren). Jadi buat saja artikel yang keren.

Lalu cantumkan keyword di bagian awal, tengah, dan akhir. Boleh juga dikombinasikan dengan keyword turunan.

skenario artikel pejwan
buatnya dengan paint, jadi agak sedikit berantakan. :P


Hal ini karena google itu suka artikel yang bermanfaat dan cirinya adalah berkisar antara 600 kata minimalnya. Lalu dengan itu juga anda bisa menahan lebih lama pengunjung anda, karena lama tidaknya pengunjung stay di blog anda termasuk faktor seo.

Plus, jangan lupa buat artikel semenarik dan sejelas mungkin. Agar pembaca betah dan ilmu masuk. Karena membuat artikel itu bukan sekedar seo, buat, PLEK!! BUKAN! Ini juga soal manfaat. :)

#4 Cantumkan rich media (gambar dan video) pada artikel anda.

on page seo rich media strategyRich media atau media pengaya, yaitu gambar dan video sangat disarankan untuk dimasukkan dalam artikel.

Dinamakan rich media karena membuat artikel kita semakin kaya = menarik, jelas, dan seo. Jadi gambar dan video itu juga menambah poin seo karena membuat artikel lebih relevan dan terlihat profesional.



Tapi jangan sembarangan memasukkannya lho... Anda harus perhatikan apakah gambarnya relevan dengan artikel. Lebih lengkapnya perhatikanlah tutorial dibawah ini :

Cara mengoptimasi gambar untuk artikel :

- Cari gambar yang relevan dengan artikel
- Save gambar
- Pastikan gambar berukuran maksimal 25 kb, jika lebih dari itu compress menggunakan Microsoft Office Picture.
- Ubah nama file gambar menjadi sesuai dengan keyword yang anda target, misal "jual bibit ikan sidat" jika itu adalah keyword yang saya target. Tapi pastikan nama file gambar tidak ada yang sama.
- Masukkan gambar dalam artikel
- Tambahkan alt dan title tag pada gambar agar lebih relevan. Masukkan sesuai gambar dan keyword yang anda target. Misal gambar mengenai bibit ikan sidat, tulis saja di title tag "gambar bibit ikan sidat keren" dan alt tag "jual bibit ikan segar".

Tips : Pastikan alt tag dan title tag berbeda dekskripsinya untuk menambah variasi keyword dan tidak menyalakan alarm google. Karena aneh jika title dan alt sama.

memasang gambar menambah rich media

Oh iya, saya juga biasanya mengupload 3 gambar atau lebih ke dalam artikel, sesuai dengan artikelnya.

Bagaimana dengan video?

- Buat video dan ganti nama file sesuai dengan keyword yang anda target.
- Upload video di youtube yang sesuai dan masukkan title sesuai dengan keyword yang anda target.
- Embed videonya.
- Masukkan di dalam artikel.
- Selesai. :)

Memasukkan video ini agak ribet jadi saya tidak post tutorial lengkapnya dan sebenarnya anda juga boleh tidak memasang video jika anda malas. :)

#5 Pastikan orang diam lebih lama di artikel anda.

pastikan situs anda cepat
secepat roket...
Cara seo on page ini adalah cara yang paling sulit menurut saya. Karena mayoritas pembaca suka melompat-lompat artikel. Jadi anda harus serius disini.


Kenapa anda harus pastikan orang diam lebih lama? Karena makin lama orang berada di blog anda berarti dia tertarik dan google suka blog yang menarik. :)

Bagaimana caranya? Pertama, blog anda harus cepat dulu, dapatkan analisis yang baik + cara mempercepat blog langsung di Www.GtMetrix.Com.

Kedua, pastikan anda buat artikel yang bagus dan menarik dengan menambah rich media dan melakukan pembahasan lengkap. Tentunya dengan on page seo.

Ketiga, tambahkan video jika anda mau. Karena video akan menambah lama pengunjung berdiam di situs anda. Butuh waktu untuk buffering dan menonton yang bermenit-menit yang membuat pengunjung lama di situs anda. :)

Okay, jadi itu!

Tapi jika anda masih gak ngerti saya juga udah buat versi videonya kok! Cek :



Setelah ribuan kata...


Well, artikel ini sudah cukup panjang, 1.078 kata lebih telah ada. Apalagi 5 tutorial on page saya sudah jadi, berarti artikel ini harus diakhiri.

Jadi, saya ucapkan terima kasih telah membaca cara seo on page saya yang sakti ini. Semoga anda bisa praktekkan dengan baik.

Sampai jumpa di post berikutnya, Salam Hangat!

Bantu orang lain agar mendapat ilmu blogging dengan mengklik tombol share di bagian kiri!

1 komentar:

  1. terima kasih untuk artikelnya, sangat menarik dan bermaanfaat sekali bagi kami

    BalasHapus

Komentar aja di artikel ini dengan tulus! :) Dan setiap komentar akan saya kunjungi balik blognya jika sempat. (komentar disini melalui tahap moderasi)